APA ITU BLOG?

    Pengertian blog

        Blog adalah website berupa media online yang berisi konten artikel berupa opini, pengalaman, dan informasi pengetahuan dalam bentuk video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus. Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang tertentu. Misalnya lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, dan sebagainya.

    Di Indonesia sendiri, banyak blogger yang telah sukses di dunia blog. Selain dikelola perseorangan, blog juga banyak digunakan oleh bisnis. Ada banyak fungsi dan manfaat blog yang tentunya menguntungkan untuk bisnis. Misalnya, sebagai branding, publikasi, hingga mempromosikan produk. Itulah mengapa, banyak orang yang memprioritaskan pembuatan blog pada strategi marketing mereka.

    Blog biasanya bersifat dinamis yang kontennya perlu ditambah dan di-update secara berkala. Bisa dikatakan, konten blog adalah nyawa yang menentukan sukses atau tidaknya blog. Sementara dari segi kepemilikannya, blog banyak dimiliki oleh perseorangan. Namun, blog juga dimiliki oleh bisnis, perusahaan, dan lembaga untuk promosi dan strategi pemasaran.

    Cara Membuat blog

  1. Login ke blogspot.com

  2. Di sebelah kiri, klik Panah bawah Panah bawah.

  3. Klik Blog baru.

  4. Masukkan nama blog.

  5. Klik Berikutnya.

  6. Pilih URL atau alamat blog.

  7. Klik Simpan.

    Browser yang dapat digunakan

    > Chrome

    > Firefox

    > Safari

    > MS Edge

    Karena munculnya postingan di halaman terdepan Google membutuhkan waktu yang lama, keberadaan blog Anda jadi sulit untuk diketahui. Salah satu cara agar blog Anda dikenal banyak orang dan menjangkau audiens yang tepat adalah dengan mempromosikannya. Sebarkan konten blog ke media sosial, buat mailing list, dan jalankan backlink.

Berikut cara agar blog terkenal dan banyak pengunjungnya:

    1. Promosi dari mulut ke mulut.

    Beri tahu orang-orang terdekat kalau Anda sekarang punya blog sendiri. Mintalah bantuan mereka untuk menyebarkannya melalui media sosial. Kalau perlu, tambahkan mereka di mailing list agar tidak ketinggalan konten terbaru.

    2. Tambahkan blog ke mesin pencari.

    Blog Anda akan di-index. Itu berarti blog Anda akan ditambahkan ke daftar situs mesin pencari. Buat akun di Google dan pilih Submit URL di Webmaster Tool. Selain Google, Anda juga bisa menambahkan blog ke Bing dan mesin pencari lainnya.

    3. Jadilah blogger yang aktif.

    Lihat blog, media sosial, forum, dan media lainnya yang relevan dengan niche. Bergabunglah di komunitas terkait untuk membangun hubungan tak hanya dengan blogger tapi juga audiens.

    4. Aktiflah di jaringan sosial.

    Agar blog mendapat lebih banyak kunjungan, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengikuti blog lain di dalam cakupan niche. Tulis komentar di postingan dan ciptakan koneksi.

    5. Buat guest blog.

    Tawarkan jasa menulis postingan di website atau blog lain. Pastikan blog yang dipilih punya reputasi yang baik dan menggunakan niche yang sama.

    6. Susun mailing list.

    Kirim email ke pembaca yang berisikan artikel terbaru atau penawaran mendatang. Semakin banyak orang yang menanti kehadiran postingan blog, semakin baik pula tanggapan yang diberikan.

    7. Tambahkan iklan atau trafik berbayar

    Iklan dipandang sebagai salah satu strategi pemasaran terbaik. Anda bisa mempromosikan blog dengan memasang iklan di Facebook atau Google AdWords. Gunakan opsi ini hanya bila Anda benar-benar sudah punya budget yang memang dialokasikan untuk iklan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Viola debie anggraini
Maira Gall